Sabtu, 11 Agustus 2018

Tambak Ikan



            Desa Ragung terletak di Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang, sebagian besar wilayah Desa Ragung adalah berupa tanah daratan dengan struktur tanah lempung berpasir. Dengan kondisi tanah yang seperti itu maka mata pencaharian penduduk di Desa Ragung sebagian besar masih berada di sektor pertanian.
Hal ini menunjukkan bahwa sektor pertanian memegang peranan penting dalam bidang ekonomi masyarakat. Namun selain itu masyarakat Desa Ragung juga mempunyai bidang sektor perikanan dengan memanfaatkan lahan yang ada disekitar desa. Dengan demikian potensi sosial ekonomi desa masyarakat Desa Ragung perlu di tingkatkan oleh karena itu masyarakat Desa Ragung berinisiatif untuk mengelola tanah sekitar desa dengan cara membuat tambak yang dapat meningkatkan jaminan ekonomi melalui badan BUMDES yaitu Badan Usaha Milik Desa.
            Tambak yang ada di Desa Ragung membudidayakan berbagai macam ikan air tawar yakni ikan bandeng, ikan tawes, ikan nila dan ikan mas. Karena jenis ikan – ikan tersebut memiliki keunggulan  seperti pertumbuhannya yang tidak sulit. Pembudidayaan ikan dilakukan dengan pola tradisional. Adapun tahapan – tahapan dalam membudidayakan ikan sebagai berikut
1.      Persiapan Tambak
Persiapan lahan adalah proses penyiapan lahan tambak mulai pengeringan lahan sampai siap ditebar benih untuk pembesaran ikan ikan. Persiapan tambak sangat menentukan keberhasilan budidaya ikan. Tahapan dalam persiapan tambak yakni memperbaiki sarana dan prasarana yang ada di tambak, pengeringan lahan, pengangkatan lumpur, pengapuran tanah, pemupukan dan pengisian air sebelum benih ikan ditebar.
2.      Persiapan Benih
Dalam persiapan benih ikan yang akan ditanam dalam proses pembesaran tersapat beberapa tahapan kegiatan yang harus dilakukan kegiatan peneneran dan kegiatan penggelondongan.
3.      Penebaran Benih
Faktor – faktor penebaran benih yang harus diperhatikan adalah Padat tebar, waktu penebaran, dan aklimatisasi.
4.      Pemberian Pakan
Pemberian pakan pada ikan ikan di Desa Ragung secara alami yakni menggunakan plangton atau tumbuhan – tumbuhan yang ada disekitar tambak sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk pemberian pakan ikan.
5.      Monitoring Pertumbuhan
Monitoring Pertumbuhan ikan dalam tambak dilakukan dengan cara mengontrolan tambak secara berkala dan berkelanjutan dan melakukan perawatan dengan baik selama peliharaan yaitu pengaturan air dam mengamati hama dan penyakit yang sering mengganggu kegiatan budidaya ikan.
6.      Pemanenan
Setelah ikan mencapai ukuran konsumsi, maka akan dilakukan pemanenan, Panen dapat dilakukan secara bertahap (selektif) maupun secara total.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar