Sabtu, 11 Agustus 2018

Infrastruktur Desa Ragung


MASJID
Salah satu wujud dari kemajuan suatu desa adalah dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasaran sendiri merupakan dua hal yang sangat penting dalam proses pembangunan desa. Minimnya ketersediaan sarana dan prasarana adalah salah satu penyebab situasi pilu yang ada didesa.
Belum lagi banyaknya program pembangunan didesa yang ternyata tidak terlaksana dengan baik. Untuk mengatasi masalah yang ada, pemerintah desa Ragung meningkatkan kualitas dari sarana dan prasarana yang ada. Salah satunya dengan pembangunan masjid dan pengembangan sarana yang ada dalam masjid tersebut. Pembangunan sarana prasarana berupa masjid ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat supaya lebih giat beribadah.
Pembangunan masjid adalah suatu bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakat. Bentuk kepedulian ini dapat telihat dari adanya pembangunan masjid di sebuah desa. Masjid di desa Ragung dibangun supaya masyarakat dapat beribadah dengan aman, nyaman dan tenang karena sebagian besar masyarakat desa Ragung beragama Islam. Selain itu pembangunan masjid ini hanya digunakan untuk sholat lima waktu, sholat Jum’atan, sholat Idul Fitri dan Idul Adha. Untuk kegiatan mengaji biasanya tidak dilakukan di masjid dikarenakan sudah dibangunnya bangunan berupa madrasah yang digunakan pada sore hari dan juga terdapat mushola yang digunakan sebagai tempat mengaji ketika malam hari.
Desa Ragung terdiri dari sembilan dusun yaitu dusun Ragung Timur, Ragung Barat, Ragung Utara, Ragung Selatan, Tokotoh, Capo, Gubbu Barat, Gubbu Timur, dan Taman.  Terdapat satu masjid yang bernama masjid “Ar-Rohman” di dusun Ragung yang biasanya digunakan oleh warga dari dusun Ragung Timur, Ragung Barat, Ragung Utara, dan Ragung Selatan. Masjid Ar Rohman berukuran besar sehingga dapat menampung seluruh warga dusun Ragung yang akan beribadah di masjid. Masjid ini akan dipenuhi oleh warga dusun Ragung ketika sholat Jum’at berlangsung. Selain sholat Jum’at, masjid akan dipenuhi pada perayaan hari besar islam khusunya idul fitri dan idul adha.
Di dusun Taman terdapat satu masjid yang bernama masjid “Darul Mutaqin” yang terletak di sebelah jalan raya sehingga mudah dijangkau oleh warga yang ingin beribadah disini atau pendatang yang kebetulan lewat dusun Taman. Di dusun Tokotoh dan Capo juga terdapat satu masjid yang berdiri dan digunakan oleh warga dusun Tokotoh atau Capo untuk beribadah. Masjid yang terakhir terdapat di dusun Gubbu Barat yang berjumlah dua masjid dan biasanya digunakan oleh warga dusun Gubbu Barat dan juga Gubbu Timur untuk beribadah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jumlah masjid di desa Ragung berjumlah lima masjid dan tidak semua dusun mempunyai masjid dikarenakan letaknya yang berdekatan sehingga pembangunan masjid cukup dilakukan di satu dusun yang dapat mewakili dan digunakan oleh warga dusun lain yang letaknya berdekatan dengan tempat masjid dibangun.

TPS (TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH)
TPS atau biasanya disebut sebagai tempat pembuangan sampah adalah salah satu sarana pasarana yang terdapat di sebuah desa. TPS ini biasanya digunakan sebagai tempat pembuangan akhir dari limbah rumah tangga masyarakat yang bermukim di sebuah wilayah atau desa. Limbah rumah tangga dari masing-masing rumah akan ditampung di tempat sampah yang disediakan oleh pemilik rumah kemudian akan dibuang ke tempat pembuangan sampah (TPS) jika sampah sudah menumpuk.
Desa Ragung sendiri memiliki 15 TPS (Tempat Pembuangan Sampah) yang tersebar di seluruh wilayah desa Ragung yang meliputi sembilan dusun yaitu dusun Ragung Timur, Ragung Barat, Ragung Utara, Ragung Selatan, Tokotoh, Capo, Gubbu Barat, Gubbu Timur, dan Taman. TPS disini terbuat dari semen dan bata sehingga TPS akan lebih kokoh. TPS di Desa Ragung baru dibangun pada bulan Juli 2018. Sebelum ada TPS masyarakat di Desa Ragung biasanya membuang sampah pada lahan kosong yang tidak digunakan kemudian sampah akan dibakar jika sudah menumpuk. Selain membuang sampah pada lahan kosong, warga desa juga ada yang membuang sampah di waduk tadah hujan yang biasanya digunakan untuk mandi dan mencuci baju. Oleh karena itu, TPS juga dibangun di sekitar waduk untuk menjaga kebersihan waduk. Pembangunan TPS ini juga dapat mempermudah masyarakat untuk membuang sampah sehingga lingkungan akan lebih bersih.
Anggota KKN Tematik Universitas Trunojoyo Madura tahun ajaran 2018/2019 khususnya kelompok 67 mengecat TPS yang telah dibangun di Desa Ragung. Pengecetan ini dilakukan dengan tujuan agar TPS lebih terihat menarik dan tidak monoton seperti TPS-TPS yang lain sehingga masyarakat akan dengan senang hati membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.




JALAN

            Jalan merupakan salah satu infrastruktur yang sangat penting bagi sebuah negara. Karena dengan adanya jalan mampu menghubungkan suatu wilayah dengan wilayah lain. Sehingga mempermudah manusia untuk memenuhi kebutuhanya seperti melakukan aktifitas, berpergian, bekerja, dll. Seiring dengan perkembangan kebutuhan manusia, sistem jalan baik di perkotaan, di suatu kawasan, maupun antar kota, provinsi dan antar desa mengalami perkembangan yang pesat dari segi jumlah ruas jalan, panjang, maupun teknologi konstruksi.
            Di Desa Ragung. Kec, Panggarengan. Kab, Sampang akses untuk menuju jalan utama sudah sangat baik, beraspal dan luas, sehinga mudah dilalui disamping itu juga terdapat hamparan tambak garam yang luas dan indah disamping kanan dan kiri jalan. Sehingga biasanya jalan tersebut sering digunakan untuk perlombaan balap liar oleh pemuda yang berasal dari luar Desa Ragung.
Namun, sebagian dari Desa Ragung tepatnya di Dsn Tokotoh, masih terdapat jalan yang berbatu dikarenakan berada dalam dataran yang tinggi yang membuat jalan tidak rata dan sulit untuk dilalui. Selain itu juga jalan untuk menuju dusunnya pun sangat sempit dikarenakan masih banyak pepohonan di sekelilingnya.
Kemudian untuk jalan didalam desanya sudah beraspal dan cukup baik tetapi banyak yang mengalami kerusakan hal ini biasanya di sebabkan karena air hujan yang jatuh ke permukaan jalan dan membuat jalan berlubang sehingga mengalami kerusakan jalan.
             
           
           
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar