Rabu, 08 Agustus 2018

Hasil Pertanian (padi, jagung, kacang, dan tembakau)



Desa Ragung merupakan salah satu desa dari 6 desa yang terletak di Kecamatan Pengarengan, Kabupaten Sampang, dengan kondisi wilayah yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian pada sektor pertanian berupa padi, jagung, kacang serta tembakau pada musim kemarau, akan tetapi masyarakat desa ragung dalam bercocok tanam dengan keadaan hidrologi desa ragung yang sangat menggantungkan pada curah hujan tidak menentu.

Desa Ragung terdiri dari Sembilan Dusun yang masing-masing warga dusun memiliki mata pencaharian yang berbeda ada yang bertani garam, tambak dan berocok tanam baik padi, jagung, tembakau dan kacang-kacangan, sebagian dari petani bercocok tanam dilahan mereka sendiri dan sebagian dari mereka juga bekerja dilahan orang lain. Masyarakat desa ragung yang bermata pencaharian petani sebanyak 1696.
Dari sembilan dusun yang berada di desa ragung terdapat enam dusun yang mata pencahariannya bercocok tanam. Dusun yang masyarakatnya memiliki mata pencaharian sebagai petani padi adalah Ragung Utara, sedangakan  yang memiliki mata pencaharian sebagai petani padi dan jagung adalah dusun Taman dan Dusun Tokotoh, sedangkan yang memiliki mata pencaharian sebagai petani padi, jagung, tembakau adalah Dusun Capo dan Kubu Timur.
Keadaan iklim desa Ragung mempunyai 2 musim yaitu musim kemarau dan musim hujan pada waktu musim hujan masyarakat desa Ragung biasanya menanam padi, jagung, kacang panjang dll. Akan tetapi dengan tidak menentunya musim seperti saat ini para petani menjadi bingung karena pada biasanya pada bulan april samapai Oktober terjadi musim kemarau dan pada November sampai bulan Maret ialah musim penghujan. Dari keadaan iklim tersebut dapat disimpulkan bahwa petani di desa ragung dalam bercocok tanam sangat menggantungkan pada curah hujan yang tidak menentu dikarenakan kurangnnya sistem irigasi yang ada di desa Ragung karena tidak adanya aliran sungai air tawar atau sumber air yang cukup.
Petani di desa Ragung biasanya dalam menanam padi, dilakukan pada musim penghujan karena dalam hal menanam padi dibutuhkan aliran air yang banyak sedangkan di desa ragung sangat minim aliran air, Proses penanaman sampai dengan panen memerlukan waktu 3-4 bulan. Berbeda dengan penanaman jagung dan tembakau, dalam hal penanaman jagung dan tembakau biasanya dilakukan pada musim kemarau karena dalam hal menanam jagung dan tembakau tidak memerlukan aliran air yang cukup banyak, proses penanaman sampai pemanenan memerlukan waktu 3-4 bulan.
Tabel. 1Rata-Rata Hasil Produksi Komuditas Pertanian Desa Ragung, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang.
No
Jenis
Penghasil
Musim tanam
Luas lahan
Produksi/Ha
Ket.
1
Padi
Ragung Utar, Capo, Kubu Timur, Taman, Tokotoh, Gubbu
Musim Hujan
(oktober-maret)
37,43 Ha
1.668,98 ton
Proses penanaman padi dilakukan pada musim hujan dengan masa tanam 3-4 bulan.
2
Jagung
Capo, Kubu Timur, Taman, Tokotoh, Gubbu
Musim Kemarau
(april-september)
532 Ha
1120 ton
Proses penanaman padi dilakukan pada musim kemarau dengan masa tanam 3-4 bulan.
3
Kacang
Kubu Timur, Gubbu
Musim Kemarau
(april-september)
118 Ha
230 ton
Proses penanaman padi dilakukan pada musim kemarau dengan masa tanam 3-4 bulan.
4
Tembakau
Capo, Kubu Timur
Musim Kemarau
(april-september)
..........
...........
Proses penanaman padi dilakukan pada musim kemarau dengan masa tanam 3-4 bulan.
Selain itu proses jual-beli dari hasil pertembakauan dilakukan secara langsung di areal persawahan sehingga sulit untuk dilakukan pencatatan hasil produksi petani terbakau.
Catatan:
Musim tanam dan hasil produksi komuditi pertanian di desa ragung pada dasarnya juga dipengaruhi oleh iklim dan kondisi alam yang ada. Dalam beberapa tahun terakhir ini petani kesulitan untuk menentukan jenis tanaman yang akan ditanam dikarenakan tidak menentunya iklim dan kondisi alam, hal ini tentunya juga turut berpengaruh pada hasil tanam dan pendapatan petani di desa ragung dari hasil komoditi pertanian yang digeluti.

Dari hasil produksi/panen komuditi pertanian yang ada, sebagian dari hasil pertanian itu di gunakan untuk dikonsumsi/memenuhi kebutuhan sehari-hari petani dan sebagain lagi dijual untuk memenuhi kebutuhan hidup lainnya. Berikut adalah kisaran harga hasil komoditi pertanian yang ada di Desa Ragung, Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang.
Tabel. 2 Daftar Harga Hasil Produksi Komoditi Pertanian Desa Ragung, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang.
No
Jenis
Harga/Kg
Ket.
1
Padi
Rp. 9.000 s/d Rp. 10.000
Harga bisa berubah seiring dengan pengaruh hasil produksi dan kegiatan ekspor impor barang dari pemerintah.
2
Jagung
Rp. 3.500 s/d Rp. 4.000
3
Kacang
Rp. 10.000 s/d Rp.13.000
4
Tembakau
Rp. 25.000
Dilakukan penjualan pada saat masih di sawah dengan sistem borongan (Nebbhes).
Catatan:
Tingginya harga jual juga turut dipengaruhi oleh kualitas produksi dan tingginya kebutuhan masyarakat terhadap komuditi hasil pertanian  khususnya di Desa Ragung, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar